RESEP AYAM PENYET SURABAYA

Hallo,, hari ini saya mau membagikan resep ayam penyet surabaya,, kenapa saya menamakannya ayam penyet surabaya??
Walaupun saya sekarang berada di malaysia,, tetapi saya tetap rindukan masakan nusantara, dan di dekat tempat tinggal saya ini ada sebuah restoran dengan nama"ayam penyet surabaya" dan saya sudah lama berlangganan di restoran ini, dan saya akhirnya mendapatkan resep masakannya, dan saya sudah mencoba yang hasilnya sangat memuaskan, sangat sedap..
Resep ini saya sudah adjust sedikit,, jadi rasanya sudah semakin cocok dengan citarasa saya...
Ini resep saya....

~Bahan-bahan:Ayam goreng
  * 1 ekor ayam, potong 8 dan bersihkan ,, biasanya saya membersihkan ayam ini dengan membalurinya dengan tepung terigu sedikit, kemudian bilas sampai bersih, sehingga ayamnya tidak berbau amis.itu satu tips dari saya.
* 2 inch lengkuas, geprek
*2 batang serai, geprek
*1 inch jahe, juga geprek
* 2 cawan air
 Rebus bahan di atas, tak perlu lama yang penting ayam itu sudah kaku, angkat masukan dalam mangkuk besar.biarkan sejuk sebentar.
~Bahan yang di haluskan untuk perapan/ ungkep:
* 5 siung bawang putih
* 1 inch jahe
* 1 inch kunyit
* 1 sdm ketumbar
Tambahkan juga:
* garam secukupnya
* 1 sdm tepung jagung
* 1 sdm tepung beras
* 5 sdm air rebusan ayam tadi
 Cara memasak ayam goreng nya:
 Masukkan bahan yang dihaluskan dan garam, tepung jagung, tepung beras, dan air rebusan ayam ke dalam mangkuk yang berisi ayam yang sudah di rebus tadi.perap/ ungkep selama 15 menit dalam kulkas, supaya bumbu perapan meresap sempurna.Setelah itu baru boleh goreng.untuk tambahan pelengkap boleh goreng juga tahu dan tempe, jika masih ada lebihan tepung perapan ayam jangan buang, masukkan potongan tahu dan tempe kemudian goreng juga., dan tepung sisanya pun goreng sehingga garing untuk menjadikan serbuk keremesnya...
~Dan ini resep untuk sambalnya:
* 5 buah cabe merah
* 10 buah cabe rawit, boleh campur warna merah atau hijau
* 5 buah cabe merah keriting
* 2 buah tomat, potong empat
* 2 siung bawang putih
* 5 siung bawang merah kecil
* 1 buah bawang merah besar/ jika ada, klo tak ada boleh tambah bawang merah kecil
* 1 sdt terasi, untuk memperkuat rasa
* minyak untuk menggoreng

Baca juga: cara memasak kentang goreng dan teri
http://etikarwati86.blogspot.com/2020/07/cara-memasak-kentang-goreng-dan-teri.html


 Cara membuat sambalnya:
Goreng semua bahan di atas sehingga layu, angkat lalu haluskan/ atau ulek dengan cobek,, kemudian tambahkan garam dan gula.jika mau lebih sempurna goreng lagi sambal ini dalam minyak sisa menggoreng tadi. Sambal ini jadi lebih tahan lama. 
Dan ayam goreng penyet lengkap dengan tahu tempe goreng beserta sambalnya, sudah siap untuk di hidangkan..., tambah juga dengan lalapan, timun, selada,,dan daun kemangi supaya lebih mantap...
Sambal ayam penyet
Goreng ayam penyet
SELAMAT MENCOBA...!!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESEP AYAM GORENG KOREA SIMPLE( TANPA GOCHUJANG)

RESEP UDANG BAKAR MADU TEFLON

CARA MEMASAK AYAM GORENG BEREMPAH